Mengapa perlu belajar Sistem Informasi???
Sistem informasi
dibuat dan dibangun dengan baik agar meningkatkan produktivitas, menghilangkan
kegiatan yang tidak memiliki manfaat, meningkatkan layanan, mengkoordinasikan
setiap bagian dalam perusahaan serta meningkatkan kualitas kebijakan dalam
manajemen.
Sistem informasi yang dibangun dengan baik dan benar antara lain dapat:
•
meningkatkan produktivitas
•
mengurangi stok material produksi
•
menghilangkan kegiatan yang tidak memiliki
manfaat (nilai tambah)
•
meningkatkan layanan dan kepuasan pelanggan
•
mengkoordinasikan setiap bagian dalam
perusahaan
•
serta meningkatkan kualitas kebijakan
manajemen
Sedangkan secara
umum manfaat Sistem Informasi dapat dikategorikan dengan manfaat berwujud
(tangible benefit) dan manfaat tak berwujud (intangible benefit). Berikut saya
membahas sedikit tentang manfaat berwujud (tangible benefit) dan manfaat tak
berwujud (intangible benefit).
Manfaat Berwujud (tangible benefit)
o peningkatan pendapatan
o mendukung proses analisis yang diperlukan oleh manajemen.
o diperoleh informasi yang akurat, terpercaya, mutakhir dan mudah diakses
mengenai kondisi penjualan perusahaan.
o Keputusan yang diambil pun dapat lebih cepat dan presisi terhadap
dinamika pasar yang ada.
o pengurangan biaya, Operasional, Overhead , SDM , Waktu Operasional makin
singkat
o laporan
keuangan dapat disajikan berdasarkan data-data transaksi tersebut tanpa
re-entry.
o penumpukan
stok material produksi dapat ditekan seminimal mungkin
Manfaat Tak Berwujud (intangible benefit)
o Peningkatan kepuasan konsumen
o Peningkatan kepuasan karyawan
o Peningkatan
mutu dan jumlah informasi
o Peningkatan
mutu dan jumlah respon atas kondisi pesaing
o Peningkatan efisiensi dan keluwesan operasional
o Peningkatan mutu komunikasi internal dan eksternal
o Peningkatan mutu perencanaan
o Peningkatan
mutu pengendalian dan pengawasan
CONTOH SISTEM
INFORMASI
1. Sistem reservasi penerbangan, digunakan dalam biro perjalanan untuk
melayani pemesanan/pembelian tiket.
2. Sistem POS (Point Of Sale) yang diterapkan di pasar swalayan dengan
dukungan barcode reader untuk mempercepat pemasukan data.
3. Sistem layanan akademis yang memungkinkan mahasiswa memperoleh data
akademis dan mendaftar mata kuliah yang diambil pada tiap semester
4. Sistem penjualan secara kredit agar dapat memantau hutang pelanggan yang
jatuh tempo.
5. Sistem smart card yang dapat digunakan tenaga medis untuk mengetahui
riwayat penyakit pasien
Di masa sekarang Terjadi
pergeseran era dalam bisnis. Era bisnis sekarang adalah era dimana arus
informasi memegang peranan sangat vital dibandingkan arus barang.
Oleh karena mengapa system informasi mempunyai peranan yang penting
dalam dunia bisnis??? Karena…..
1. Mempunyai peranan penting dalam kesuksesan bisnis.
2. Banyak bisnis hamper semua memanfaatkan IT dan Sistem Informasi.
3. Bias mengimprove agar lebih efisien dan efektif
4. Bias mengambil suatu keputusan
5. Untuk kolaborasi kelompok kerja.
Contoh dari bisnis
di modern ini adalah E-Business.
E-business adalah aktifitas bisnis dengan
memanfaatkan jaringan komputer dan internet. Tidak hanya transaksi pembelian
dan penjualan tetapi juga melingkupi keselurunan kegiatan dan fungsi dari
perusahaan tersebut, seperti pertukaran informasi, komunikasi, kolaborasi,
riset dan sebagainya.
E-commerce
merupakan bagian dari e-business, di mana cakupan e-business lebih luas, tidak
hanya sekedar perniagaan tetapi mencakup juga pengkolaborasian mitra bisnis,
pelayanan nasabah, dll.
Pengertian E-Commerce sendiri adalah kegiatan komersial dengan
penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem
elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya.
E-commerce dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data
elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data
otomatis.
Bisnis dalam era globalisasi dilakukan dengan
melintasi jarak, keanekaragaman lingkungan dan waktu secara cepat dan mudah.
Untuk dapat bersaing dan berhasil dalam lingkungan global yang dinamis,
haruslah dibekali dengan kesungguhan, kemampuan dan inovasi serta selalu siap
dan waspada dalam menghadapi perubahan lingkungan bisnis yang cepat.
Di era globalisasi ini, dunia bisnis menghadapi lingkungan persaingan yang cenderung semakin turbulen. Peran komunikasi bisnis menjadi semakin sangat penting, yaitu kemampuan membaca, menafsirkan laporan dan informasi dari lingkungan. Disamping kemampuan menyampaikan gagasan, baik lisan maupun tertulis secara sistematik.
Di era globalisasi, keterampilan lintas budaya menjadi tuntutan dan persyaratan, berupa kemampuan berinteraksi dengan berbagai ragam budaya, gaya manajemen / bisnis bangsa lain, maupun kerjasama tim, baik intern maupun dalam suatu aliansi strategis dengan mitra bisnis.
Di era globalisasi ini, dunia bisnis menghadapi lingkungan persaingan yang cenderung semakin turbulen. Peran komunikasi bisnis menjadi semakin sangat penting, yaitu kemampuan membaca, menafsirkan laporan dan informasi dari lingkungan. Disamping kemampuan menyampaikan gagasan, baik lisan maupun tertulis secara sistematik.
Di era globalisasi, keterampilan lintas budaya menjadi tuntutan dan persyaratan, berupa kemampuan berinteraksi dengan berbagai ragam budaya, gaya manajemen / bisnis bangsa lain, maupun kerjasama tim, baik intern maupun dalam suatu aliansi strategis dengan mitra bisnis.
Hello bang, ane ikut sedot artikelnya ya :)
BalasHapusvisit me gan : 12650047-si.blogspot.com
good myblog
BalasHapusgood myblog
BalasHapus