Minggu, 17 Maret 2013

Persaingan Bisnis menggunakan Teknologi Informasi



 Penggunaan Strategis Teknologi Informasi
1.Biaya yg lebih murah
-Gunakan TI untuk mengurangi secara mendasar biaya proses bisnis
-Gunakan TI untuk menurunkan biaya pelangan atau pemasok
Diferensiasi
2.Kembangkan berbagai fitur TI baru utk melakukan diferensiasi produk dan jasa
-Gunakan berbagai fitur TI utk mengurangi keunggulan diferensiasi para pesaing
-Gunakan berbagai fitur TI utk memfokuskan diri pada ceruk pasar yang dipilih
Penggunaan Strategis Teknologi Informasi
Inovasi
-Buat produk dan kasa baru yang memasukkan berbagai komponen TI
Kembangkan pasar baru atau ceruk pasar yang unik dengan bantuan TI
-Buat perubahan radikal atas proses bisnis dengan TI yg secara dramatis akan menangkas biaya, meningkatkan kualitas, efisiensi, atau layanan pelanggan

Penggunaan Strategis Teknologi Informasi
1.Mendukung pertumbuhan
-Gunakan TI utk mengelola perluasan bisnis secara regional dan global
-Gunakan TI utk mendiversifikasi serta mengintegrasikan produk dan jasa lainnya
2.Kembangkan persekutuan
-Gunakan TI utk membuat organisasi virtual yg terdiri dari para mitra bisnis
-Kembangkan sisfo antarperusahaan yg dihubungkan oleh internet dan intranet
Membangun Perusahaan Virtual
-Perusahaan virtual = organisasi yg menggunakan teknologi informasi untuk menghubungkan banyak orang, organisasi, aktiva, dan ide
-Perusahaan virtual biasanya membentuk aliansi & kelompok kerja virtual dgn mitra bisnis yg saling berhubungan melalui internet, intranet, extranet
Strategi Bisnis Perusahaan Virtual
-Saling berbagi infrastruktur dan resiko dgn mitra aliansi
-Menghubungkan kompetensi inti yang saling melengkapi
-Mengurangi concept-to-cash time melalui saling berbagi
-Meningkatkan fasilitas & cakupan pasar
-Mendapatkan akses ke pasar yg baru & saling berbagi pasar atau loyalitas pelanggan
-Bermigrasi dari menjual produk ke menjual solusi
Perusahaan Penghasil Pengetahuan
1.Perusahaan yang menghasilkan pengetahuan menggunakan 2 jenis pengetahuan, yaitu:
-Pengetahuan explisit (data, dokumen, dll)
-Pengetahuan implisit (pengetahuan “bagaimana cara melakukan sesuatu” yang ada di dalam diri para pekerja)
2.Sistem manajemen pengetahuan (knowledge management system)  membantu para pekerja menciptakan, mengatur, dan memungkinkan tersedianya pengetahuan bisnis yang penting bagi perusahaan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar