Penggunaan
Strategis Teknologi Informasi
1.Biaya
yg lebih murah
-Gunakan
TI untuk mengurangi secara mendasar biaya proses bisnis
-Gunakan
TI untuk menurunkan biaya pelangan atau pemasok
Diferensiasi
2.Kembangkan
berbagai fitur TI baru utk melakukan diferensiasi produk dan jasa
-Gunakan
berbagai fitur TI utk mengurangi keunggulan diferensiasi para pesaing
-Gunakan
berbagai fitur TI utk memfokuskan diri pada ceruk pasar yang dipilih
Penggunaan
Strategis Teknologi Informasi
Inovasi
-Buat
produk dan kasa baru yang memasukkan berbagai komponen TI
Kembangkan
pasar baru atau ceruk pasar yang unik dengan bantuan TI
-Buat
perubahan radikal atas proses bisnis dengan TI yg secara dramatis akan
menangkas biaya, meningkatkan kualitas, efisiensi, atau layanan pelanggan
Penggunaan
Strategis Teknologi Informasi
1.Mendukung
pertumbuhan
-Gunakan
TI utk mengelola perluasan bisnis secara regional dan global
-Gunakan
TI utk mendiversifikasi serta mengintegrasikan produk dan jasa lainnya
2.Kembangkan
persekutuan
-Gunakan
TI utk membuat organisasi virtual yg terdiri dari para mitra bisnis
-Kembangkan
sisfo antarperusahaan yg dihubungkan oleh internet dan intranet
Membangun
Perusahaan Virtual
-Perusahaan
virtual = organisasi yg menggunakan teknologi informasi untuk menghubungkan
banyak orang, organisasi, aktiva, dan ide
-Perusahaan
virtual biasanya membentuk aliansi & kelompok kerja virtual dgn mitra
bisnis yg saling berhubungan melalui internet, intranet, extranet
Strategi
Bisnis Perusahaan Virtual
-Saling
berbagi infrastruktur dan resiko dgn mitra aliansi
-Menghubungkan
kompetensi inti yang saling melengkapi
-Mengurangi
concept-to-cash time melalui saling berbagi
-Meningkatkan
fasilitas & cakupan pasar
-Mendapatkan
akses ke pasar yg baru & saling berbagi pasar atau loyalitas pelanggan
-Bermigrasi
dari menjual produk ke menjual solusi
Perusahaan
Penghasil Pengetahuan
1.Perusahaan
yang menghasilkan pengetahuan menggunakan 2 jenis pengetahuan, yaitu:
-Pengetahuan
explisit (data, dokumen, dll)
-Pengetahuan
implisit (pengetahuan “bagaimana cara melakukan sesuatu” yang ada di dalam diri
para pekerja)
2.Sistem
manajemen pengetahuan (knowledge management system) membantu para pekerja
menciptakan, mengatur, dan memungkinkan tersedianya pengetahuan bisnis yang
penting bagi perusahaan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar